Social Media sudah menjadi media untuk promosi atau memperkenalkan produk bisnis. Perannya dalam bisnis makin menunjukkan performa mengagumkan, banyak perusahaan sudah mengalihkan biaya promosi khusus untuk meningkatkan produktifitas dan efektifitas di media sosial.
Namun, meningkatkan penjualan di media sosial sulit, butuh strategi yang tepat dan sedikit kesabaran dalam membangun pasar.
Berikut beberapa strategi yang dapat meningkatkan penjualan di media sosial :
Tidak semua brand memiliki target pasar yang sama. Ada yang bersifat B2C (business to consumer) yang berarti produk tersebut digunakan oleh orang banyak yang menjadi konsumen akhir, ada juga yang B2B (Business to Business) yang berarti konsumen produk tersebut adalah perusahaan lain.
Jenis social media pun perlu diperhatikan, tiap social media punya karakternya masing-masing.
Twitter memiliki karakter young karena memang sebagian besar penggunanya adalah usia muda, dan digunakan untuk informasi saja. Sedangkan facebook di Indonesia memiliki karakter pengguna yang lebih tua usianya dan bervariatif dari pada twitter. Banyak orang tua yang baru memiliki dan aktif menggunakan facebook.
linkedIn memiliki karaker pengguna yang professional, pekerja, dan berbasis profesi.
Instagram memiliki karakter mirip twitter.
Sedangkan youtube memiliki pengguna yang lebih luas dan umum, namun harus memiliki kemampuan dalam pembuatan video. Bila tampilan video biasa saja, bahkan tidak menarik, maka jangkauan target pasar tidak akan terpenuhi
Secara umum, analisis target pasar menjadi kunci awal keberhasilan di media sosial. Jadi, harus diperhatikan juga manakah yang lebih cocok dengan target pasar produk yang akan dipasarkan.
Berapa usia rata-rata target pasar? Apa profesinya? Bagaimana Perilakunya? Nanti bisa menilai jenis media sosial apa yang pas.
Milikilah target yang baik. Target yang dimaksud tidak hanya target penjualan, tapi juga target promosi. Apa saja yang ingin dicapai? Followers kah? Likers kah? Interaksi kah? atau penjualan?.
Bila target langsung ke penjualan, maka seluruh parameter tadi harus tercapai semua dengan baik, sehingga, effort pun lebih tinggi dibandingkan target dan tidak hanya followers atau likers yang banyak terlebih dahulu
Semakin tinggi persaingan di dunia offline mempengaruhi meningkatkan tensi persaingan di social media juga. Maka dari itu, buatlah program promo yang kreatif, beda, dan memberi value bagi konsumen. Quiz, contest, dan gerakan-gerakan campaign marketing bisa menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan variasi.
Bila sudah bisa membangun interaksi aktif dengan berbagai strategi promo, maka tujuan selanjutnya adalah mengikat seluruh konsumen kita lewat komunitas. Komunitas ini tidak harus 100% membawa nama brand, tetapi bisa digeser sedikit menjadi lebih umum namun tetap memiliki afiliasi kuat terhadap brand kita.
Evaluasi mutlak harus dilakukan. Evaluasi apakah seluruh strategi kita di media sosial bisa mendatangkan konsumen, apakah bisa memancing interaksi aktif, apakah bisa mendatangkan penjualan?
Evaluasi lagi seluruh kekurangan-kekurangan untuk diperbaiki di waktu lain.
Media sosial menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah brand untuk membangun konsumennya, mudah-mudahan beberapa strategi di atas bisa menjadi masukan berarti bagi kita semua.
9 Comments
Halo,
Saya sedang berencana untuk membuat Digital marketing campaign untuk produk kemasan plastik F&B yang ramah lingkungan. Kami adalah Startup yang baru tetapi sudah memiliki client List yang ternama. Dan saat ini ingin promosikan produk kami ke semua resto, catering, cafe, hotel di Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Bali.
Kami ingin tau lebih lagi megenai pengalaman anda mempromosikan produk yang sifatnya B2B khususnya untuk startup kecil seperti kami. Mungkin bisa di share ke kami 3 client paling dibanggakan yang dilayani oleh Digitalmarketer yang capai target penjualan. Agar kami juga bisa lihat hasil postingannya dll.
Cheers,
Shivan
Halo shivan, akan segera kami kirim lewat email kamu ya.
Hay, kami baru saja memulai membangun bisnis parfum. Dan sosial media pun baru mau di buat. Bisa kasih solusi agat penjualan tercapai banyak
Kami membuka kedai bakso di perumahan….dgn konsep seperti cafe…menonjolkan suasan teras yg luas dan indah. Bagaimana cara yg pas menarik konsumen yg tepat baik dgn offline maupun online. Secara rasa menurut pengnjung sudah ok.
Hay arif pramono, untuk kuliner terdapat 2 faktor yang sangat menentukan, pertama adalah lokasi, dan yang kedua adalah rasa.
Jika kamu yakin rasa sudah oke maka akan mudah melakukan promosi baik offline maupun online.
Contoh yang bisa kamu lakukan untuk offline adalah memberikan kupon makanan, untuk pembelian ke 5 gratis 1 porsi.
untuk online, bisa kamu gunakan sosial media instagram berupa diskon potongan harga jika update foto makanan kamu disertai tag 3 orang temannya dan pastinya juga tag ke akun kamu. Cara ini masih sangat ampuh untuk menaikan jumlah real follower yang pastinya akan berpengaruh terhadap brand kamu di internet.
Jangan lupa untuk daftarkan juga ke google maps untuk memudahkan orang yang tidak mengetahui lokasi cafe kamu untuk datang.
Selamat mencoba! untuk belajar digital marketing lebih jauh bisa cek Belajar Digital Marketing
Kenapa ya low promosi jarang ada yg tertarik…gimana cara biar orang tertarik pda produk yg kita jual….
Halo Dwi, jika kamu promosi tapi banyak orang yang tidak tertarik kemungkinan besar dikarenakan salah target konsumen. Sehingga jelas orang tidak akan tertarik atau merespon dengan promosi kamu.
Cara termudah untuk menjangkau target konsumen yang spesifik dengan produk ataupun jasa kamu adalah menggunakan iklan online yang bisa disetting sedemikian rupa hingga dapat menjangkau potential buyer.
Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang digital marketing bisa melihat postingan di https://www.digitalmarketer.co.id/yuk-belajar-digital-marketing-dari-dasar-untuk-semua-bisnis/
Halo,
kami begerak di B2C dan baru merintis stratup transportasi online seperti transportasi online ternama saat ini akan tetapi kami melakukan di kota kecil. disini saya masih bingung untuk melakukan promosi menggunakan digital marketing, kami sudah berjalan 3 bulan akan tetapi pengguna dari aplikasi kami sangat sedikit.
mohon diberi saran apa yang perlu di perkuat lagi agar mereka tertarik menjadi pengguna dan sering menggunakan layanan kami.
thanks!
Halo sabrina, untuk konsultasi digital marketing lebih lanjut dengan sasaran meningkatkan banyak pengguna aplikasi bisa menghubungi tim kami di nomor yang telah tersedia ya