Di era internet marketing, cara pemasaran sebuah produk kian beragam dan menarik. Mulai dari content marketing, social media marketing, hingga salah satu strategi pemasaran yang sedang booming saat ini yaitu affiliate marketing. Affiliate marketing menjadi cara pemasaran yang ampuh untuk meningkatkan penjualan. Lalu, apa sih affiliate marketing itu? Dan apa manfaatnya bagi perusahaan atau sebuah brand?
Dikutip dari berbagai sumber, dijelaskan bahwa affiliate marketing merupakan cara seseorang mendapatkan uang dari mempromosikan sebuah produk atau layanan bisnis. Di sini, individu atau kelompok bisa bermitra dengan perusahaan/pedagang (merchant) untuk mendapatkan komisi dari hasil mempromosikan produk mereka sampai terjual ke konsumen. Cara kerja affiliate marketing atau afiliasi pemasaran hanya mengandalkan koneksi internet dan bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja.
Perlu diketahui, dalam sistem affiliate marketing umumnya terdapat tiga pihak yang berperan, diantaranya:
Affiliate merupakan pihak yang mempromosikan produk. Affiliate atau publisher akan berusaha mempengaruhi serta mengajak orang-orang untuk membeli sebuah produk. Sekarang ini ada beberapa pihak yang dapat dikategorikan sebagai affiliate marketing seperti blogger, vlogger, influencer, youtuber dan sebagainya.
Merchant merupakan pihak yang memegang hak atas kepemilikan sebuah produk. Merchant bisa menjual produk apapun baik barang ataupun jasa.
Pelanggan merupakan pihak yang disasar oleh affiliate sebagai target pembeli produk yang dipromosikan. Affiliate akan mendapatkan komisi (uang) jika pelanggan membeli produk yang mereka dipromosikan.
Apakah brand atau perusahaan membutuhkan jasa affiliate marketing? Tentu jawabannya, iya. Di zaman digital seperti sekarang, peran affiliate marketing akan mendongkrak penjualan dan menaikan value pada brand tersebut. Bukan hanya itu ada banyak keuntungan lain yang didapatkan dari metode affiliate marketing , diantaranya:
Metode affiliate marketing memiliki jangkauan pasar lebih luas serta karakteristik yang beragam. Pasalnya, sistem affiliate menjadi bisnis yang terbuka sehingga bukan hanya berpotensi menjangkau pasar dalam negeri tetapi juga luar negeri.
Sebagai brand atau perusahaan, anda bisa memasarkan berbagai produk dengan bisnis affiliate marketing. Namun begitu, anda hanya perlu memperhatikan jenis affiliate yang digunakan sehingga dapat memaksimalkan pemasaran. Lakukan promosi sesuai dengan apa yang mereka pahami berpotensi penjualan produk akan berhasil.
Manfaat affiliate marketing bagi brand atau perusahaan lain adalah tidak membutuhkan banyak karyawan. Dengan menggunakan bisnis affiliate ini perusahaan bisa memangkas jumlah karyawan. Selain itu, anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk menggaji sales serta meminimalisir budget pengeluaran marketing. Dengan hanya memberikan komisi untuk afiliasi, produk anda bisa diketahui oleh masyarakat luas. Anda juga bisa hanya memberikan sampel, afiliasi akan memasarkannya dan omset anda akan meningkat tajam.